468x60 ads




Kombinasi dan Hidup

Kombinasi itu selalu menyangkut tentang 'how many ways to solve'. Kita bisa menghitung ada berapa banyak solusi dan cara untuk suatu persamaan atau tidak persamaan. Semakin panjang dan kompleks masalahnya, biasanya semakin banyak pilihan solusinya.

Faktanya, ga ada kombinasi yang hasilnya 0. Selalu ada at least 1 solusi yang fits right dengan persamaan kita.* Berarti ga ada masalah yang ga bisa dipecahkan. Every problems have their own solutions.

Dan menurutku, cerita tentang kombinasi ini gak cuman berlaku di kelas diskrit, tapi juga di detik kehidupan kita. Kalo dalam pandanganku sih, hidup kita itu kumpulan dari persamaan-persamaan yang mempunyai nilai x (dengan nilai x itu blm kita ketahui brp nilainya). Persaman-persamaan yang selalu muncul, minta buat dipecahkan.

Makanya, jangan bilang kalo masalah ga ada pemecahannya. Kombinasi juga sering dipake buat perhitungan-perhitungan maha dewa dan as usual, there must be a solution. Itu berarti, the universe sudah menyiapkan berapa sih nilai x yang pas buat masalahmu.

Saran aja, pas kamu ngerasa buntu dan ga ada ide pas ada masalah, inget-inget aja hukum kombinasi. Masa' kombinatorik bisa nemuin banyak solusi, tapi kita enggak? ga logis kan? :D

"Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan" -Al Insyirah : 5

*kecuali ada beberapa kasus yang banyaknya cara hasilnya 0, kayak berapa banyak cara untuk membentuk bit string 4 digit dari angka {2,3,4,5,6}. Itu emang hasilnya 0, kalo difilosofiin sih kayak masalahnya apa nyari solusinya kemana, ga nyambung -_-v


PS : tadi habis diajarin sama orang yg charming banget :3

0 comments: